Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MTs Negeri Sumba Timur

SAMSUMBA.com - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Sumba Timur menggelar puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (21/9/2024). Sekitar pukul 08.00 WITA para peserta didik sudah ramai di halaman madrasah untuk masuk ke aula.

Kepala MTs Negeri Sumba Timur, Mustamal, S.Pd.I. dalam sambutannya sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan yang diadakan dalam rangka memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H.

Pada peringatan Maulid kali ini, MTs Negeri Sumba Timur menghadirkan Ustazah Anita Qurroti A’yuni, Lc., M.Pd. sebagai pembicara / penceramah. Dalam tausiahnya, Ustadzah kelahiran Jombang ini menyampaikan materi seputar adab atau akhlak dalam dunia pendidikan.

Tema tersebut dilatarbelakangi oleh fenomena dalam dunia pendidikan saat ini, yang adab atau akhlak atau etika atau sopan santun sudah mulai pudar. Padahal tujuan diutusnya Nabi Muhammad SAW ke muka bumi adalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.

Ustadzah Anita mengutip adab murid kepada guru dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Syaikh Al-Zarnuji untuk diingat oleh para peserta didik. Selain itu juga dijelaskan adab guru kepada murid dalam kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari.

Tidak hanya fenomena adab antara guru dan murid, Ustadzah Anita juga memaparkan fenomena perilaku pertemanan remaja Zaman Now. Khususnya kasus bulliying yang kerap terjadi di sekolah ataupun madrasah. Ustadzah Anita menayangkan video tentang perilaku perundungan di tengah tausiahnya. 

Guru Bahasa Arab di MIS Insan Robbani Sumba Timur itu lalu menampilkan adab berteman dalam kitab Adab fi al-Din karya Imam Ghazali. Salah satu adab dalam berteman ialah memanggil teman dengan nama yang dia senangi.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi ditutup dengan pembacaan doa dan penyerahan piagam penghargaan bagi pemenang lomba. (sam)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)