Delapan Lulusan MAS Waingapu Tiba di UNU Yogyakarta

SAMSUMBA.com - Delapan lulusan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Waingapu Kabupaten Sumba Timur Nusa Tenggara Timur tiba di Kampus Universitas Nahdhatul Ulama (UNU) Yogyakarta, Selasa (17/9/2024). Mereka datang karena mendapat beasiswa untuk menempuh pendidikan S-1 di UNU Yogyakarta.

Mereka berangkat dari Pulau Seribu Bukit dengan menaiki Kapal KM Dharma Kartika V, Sabtu (14/9/2024) pukul 22.00 WITA dan baru tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (16/9/2024) pukul 21.00 WIB. Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan darat selama 6 jam menuju Yogyakarta yang dijuluki Kota Pelajar.

Sekitar pukul 11.00 WIB, delapan putra-putri Sumba yang didampingi Nur Jamilah, salah seorang guru MAS Waingapu itu tiba di Kampus UNU Yogyakarta. Mereka disambut oleh Tri Yuliani, staf admisi UNU Yogyakarta. Seusai menyelesaikan urusan pendaftaran dan mengkonsultasikan persiapan orientasi mahasiswa baru, mereka diajak keliling kampus (campus tour).

“Alhamdulliah, adik-adik tampak senang melihat fasilitas yang ada di kampus,” ujar perempuan asli Gunungkidul Yogyakarta itu.

Kesan itu dibenarkan oleh Tris Fizar Ichcan, salah satu dari delapan calon mahasiswa asal Sumba.

“Saya harap, saya bisa menggapai cita-cita saya di universitas ini. Setelah saya lihat semua isi dari kampus ini saya merasa bersemangat,” katanya.

Tidak jauh berbeda dengan rekannya, Sakina juga berpendapat sama. Menurutnya, Kampus UNU Yogyakarta yang memiliki 9 lantai itu bagus dan nyaman.

Begitupun penilaian Ema Kurniawati. Ia kagum dengan Kampus UNU Yogyakarta. Dari awal memasuki kampus ini saya sangat terkesan dengan tempatnya yang luas dan bersih, terdapat beberapa lukisan yang indah di setiap dinding. Fasilitas ruangannya juga sangat lengkap, mulai dari ruang belajar, ruang perpustakaan, mushola untuk laki-laki dan perempuan, bahkan komputer yang bisa digunakan jika diperlukan,” ungkapnya

Ema berharap bisa menempuh pendidikan di UNU Yogyakarta dengan baik dan bisa lulus tepat waktu.

Berdasarkan jadwal, orientasi mahasiswa baru akan dilaksanakan sejak tanggal 23 September 2024 dan perkuliahan dimulai pada tanggal 30 September 2024.

Setelah melaksanakan shalat dzhuhur di Masjid UNU Yogyakarta, putra-putri Sumba itu menuju Malioboro dan Pasar Beringharjo untuk mempersiapkan perlengkapan orientasi mahasiswa baru.

Delapan mahasiswa baru asal Sumba tersebut adalah:

NO.

NAMA

FAKULTAS

PRODI

1.

Sakina

Ilmu Pendidikan

Pend. Guru Sekolah Dasar

2.

Ema Kurniawati

Ilmu Pendidikan

Pend. Guru Sekolah Dasar

3.

Giandra Andara Hapsya

Ilmu Pendidikan

Pend. Bahasa Inggris

4.

Tris Fizar Ichcan

Ilmu Pendidikan

Pend. Bahasa Inggris

5.

Najwa Is Mawardani Achmad

Ekonomi

Akuntansi

6.

Leyli Fatimatul Jum’ah

Ekonomi

Akuntansi

7.

Muhammad Fajrin Djuray

Ekonomi

Akuntansi

8.

Intan Azhura Bahraen

Teknologi Informasi

Informatika

Mereka selama kuliah di UNU Yogyakarta sekaligus memondok di Pesantren Assalafiyyah Mlangi II Terpadu Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta, yang berjarak sekitar 3 kilometer dari kampus. (sam)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)