Dapat Beasiswa, Delapan Lulusan MAS Waingapu Berangkat Kuliah ke UNU Yogyakarta

SAMSUMBA.com - Delapan lulusan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Waingapu Kabupaten Sumba Timur Nusa Tenggara Timur mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah ke Universitas Nahdhatul Ulama (UNU) Yogyakarta. Mereka berangkat meninggalkan Pelabuhan Waingapu dengan menaiki Kapal KM Dharma Kartika V, Sabtu (14/9/2024) pukul 22.00 WITA.

Keberangkatan mereka dilepas oleh Kepala MAS Waingapu, Ayatullah Syariah Duka, Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Waingapu, H. Fahrurrozi Zawawi dan Ketua Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Sumba Timur, Tuan Guru Achmad Abdurahman.

Di depan pintu masuk kapal sambil berdiri merapat digelar acara pelepasan singkat. Kepala MAS Waingapu mengingatkan kepada delapan anak tersebut bahwa mereka adalah anak-anak yang beruntung karena mendapat beasiswa untuk kuliah di UNU Yogyakarta.

“Jadikan kuliah ini sebagai momentum paling berharga untuk meningkatkan kualitas diri. Sehingga kelak kalian dapat mengabdikan ilmu yang diperoleh untuk masyarakat Sumba Timur. Belajarlah dengan sungguh-sungguh!” pesan Kepala MAS Waingapu kepada anak-anak.

Senada dengan itu, Wakil Ketua Pengadilan Agama Waingapu menasihati agar anak-anak selama belajar di Yogyakarta tidak suka mengeluh dan banyak menuntut.

“Kalian harus banyak bersyukur, karena kalian mendapat kesempatan untuk kuliah di UNU Yogyakarta. Tidak banyak orang yang mendapat kesempatan seperti kalian. Kalaulah selama belajar di sana nanti ada hal-hal yang tidak sesuai harapan, bersabarlah! Jangan suka mengeluh dan banyak menuntut. Selamat berjuang, selamat mengejar mimpi, semoga sukses,” ujarnya.

Pesan berikutnya disampaikan Ketua PCNU Sumba Timur yang pada pokoknya mengharapkan anak-anak belajar dengan serius demi untuk masa depan yang lebih baik dan juga demi kemajuan Kabupaten Sumba Timur

“Jangan pulang ke Sumba kalau belum lulus jadi sarjana. Tiap liburan jangan pulang. Kalian boleh pulang setelah selesai kuliah,” pesannya.

Seusai pesan-pesan penguatan, Ketua PCNU Sumba Timur kemudian memimpin doa keselamatan supaya perjalanan menuju Yogyakarta berjalan lancar dan dijauhkan dari segala rintangan serta anak-anak dimudahkan dalam belajar dan mendapat ilmu bermanfaat. Begitu doa selesai, anak-anak lalu berpamitan dan memasuki kapal. 

Delapan anak tersebut adalah:

NO.

NAMA

FAKULTAS

PRODI

1.

Sakina

Ilmu Pendidikan

Pend. Guru Sekolah Dasar

2.

Ema Kurniawati

Ilmu Pendidikan

Pend. Guru Sekolah Dasar

3.

Giandra Andara Hapsya

Ilmu Pendidikan

Pend. Bahasa Inggris

4.

Tris Fizar Ichcan

Ilmu Pendidikan

Pend. Bahasa Inggris

5.

Najwa Is Mawardani Achmad

Ekonomi

Akuntansi

6.

Leyli Fatimatul Jum’ah

Ekonomi

Akuntansi

7.

Muhammad Fajrin Djuray

Ekonomi

Akuntansi

8.

Intan Azhura Bahraen

Teknologi Informasi

Informatika

(https://www.unu-jogja.ac.id)

Perjalanan dari Pulau Sumba akan melewati Pulau Sumbawa, Pulau Lombok, Pulau Bali, Pulau Madura dan Pulau Jawa. 

Menurut jadwal, mereka akan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (16/9/2024) pukul 13.30 WIB. Kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju Yogyakarta dengan menaiki mobil travel. Selama kuliah, mereka akan tinggal di Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi II Terpadu Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. (fa)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)