Tiga Pesan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumba Timur kepada 19 Jamaah Calon Haji

SAMSUMBA.com - 19 (sembilan belas) jamaah calon haji asal Kabupaten Sumba Timur saat ini sudah masuk Asrama Haji Surabaya. Menurut jadwal, para jamaah calon haji akan berangkat menuju Tanah Suci, Ahad (2/6/2024) pukul 03.30 WIB atau menjelang waktu Shubuh.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumba Timur, Huki Yeanri O. W. Hida, S.Pd., M.M., mengantar para jamaah calon haji sampai Surabaya.

Ada 3 (tiga) hal yang dipesankan orang nomor satu di Kemenag Sumba Timur itu kepada para jamaah calon haji.

“Pertama, para jamaah hendaklah muncul menjadi ‘agen perubahan’ dalam dinamika kehidupan yang lebih nyata. Ibadahnya lebih mengesankan pada aspek toleransi yang lebih terbuka. Ibadah yang dilakukan bukan hanya sebatas ritual belaka, tetapi juga memberikan dampak sosial yang signifikan. Tingkat hubungan sosial juga lebih terasa dalam membangun semangat ukhuwah dalam bingkai akhlak karimah,” katanya kepada Samsumba.com, Sabtu (1/6/2024).

Kedua, sambungnya, para jamaah haji diharapkan dapat menjadi sosok ‘uswah hasanah’ dalam membangun semangat kehidupan yang lebih baik. Keteladanan menjadi pribadi yang diharapkan di tengah krisis multi dimensi dalam kehidupan saat ini.

Ditambahkannya, ketiga, para jamaah diharapakan dapat mengambil nilai wukuf dalam bentuk muhasabah (introspeksi diri) mengingat-ingat dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan dan sesegera mungkin bertaubat kepada Allah. Muhasabah menjadi penting guna lebih mengenal diri dan menjalin hubungan yang erat dengan Sang Kholik. Mengenal kelemahan dan kesalahan diri lebih dini. Mengakui terhadap kelebihan orang lain. Serta ikhlas menerima segala taqdir dari Allah. Kesadaran spiritual tersebut hendaknya terus melekat dan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga para jamaah calon haji selalu istiqomah dan menjadi Haji dan Hajjah Mabrur. Amin YRA,” pungkasnya. (sam)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)