Tiba di Mekah dengan Selamat, Jamaah Haji Asal Sumba Timur Langsung Umroh


SAMSUMBA.com – Sebanyak 19 (sembilan belas) jamaah haji asal Kabupaten Sumba Timur telah tiba di Tanah Suci dengan selamat. Mereka saat ini tinggal di Hotel Tharawat Al Khalil di kawasan Misfalah Mekah.

“Jamaah haji Sumba timur tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah hari Ahad (2/6/2024) pukul 16.00 Waktu Arab Saudi. Kemudian menuju Mekah dan sampai hotel pukul 20.00. Setelah mengurus pembagian kamar dan menunggu kedatangan koper, para jamaah masuk ke kamar masing-masing pukul 23.00,” kata Sunardi, Ketua Rombongan (Karom) 8 Kloter 78 Embarkasi Surabaya, saat dihubungi Samsumba.com, Selasa (4/6/2024).

Tidak lama setelah masuk kamar, sambungnya, jamaah haji segera melaksanakan umroh wajib.

“Pukul 24.00 atau pukul 00.00 para jamaah berangkat umroh. Selesai thawaf (keliling Ka’bah tujuh kali), minum air Zamzam. Kemudian melakukan sa’i. Tapi, di tengah-tengah sa’i, berkumandang adzan Shubuh. Para jamaah berhenti dan mengatur shaf shalat berjamaah. Seusai shalat, melanjutkan sa’i dan berakhir pukul 07.30. Terus bertahalul,” terangnya.

Ditambahkan Karom yang berdomisili di Pakamburung Waingapu itu, setelah rangkaian umroh selesai, para jamaah baru pulang ke hotel. Sesampai di hotel, mengurus makan para jamaah, kemudian mandi dan istirahat. (zi)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)