Hadapi Puncak Ibadah Haji, Petugas Survei ke Mina


SAMSUMBA.com – Kurang dari sepekan, jamaah haji akan menghadapi puncak ibadah haji, tidak terkecuali jamaah haji asal Sumba Nusa Tenggara Timur (NTT) Kloter 78 Embarkasi Surabaya. Mereka akan meninggalkan hotel dan berangkat menuju Arafah untuk melaksanakan wukuf dan berlanjut ke Muzdalifah dan Mina.

Di Mina, jamaah haji akan tinggal kurang lebih 3 (tiga) hari. Untuk mengetahui kondisi di Mina, petugas haji Kloter 78 Embarkasi Surabaya melakukan survei, Ahad (9/6/2024).

“Petugas Kloter 78 SUB, dari mulai ketua kloter, pembimbing dan ketua-ketua rombongan (karom) sudah survei di Mina kemarin. Alhamdulilah, dapat tempat di depan pintu masuk Maktab No. 11. Dekat ke toilet, dekat ke dapur,” kata Sunardi, Ketua Rombongan (Karom) 8 Kloter 78 Embarkasi Surabaya kepada Samsumba.com, Senin (10/6/2024).

Menurut Sunardi, fasilitas untuk mabit di Mina sudah siap. Mulai dari tenda, penerangan, karpet, kasur/tempat tidur, bantal, AC, penyemprot air, persediaan air minum dan lain sebagainya.

Selama di Mina jamaah haji akan melempar / melontar jumroh Kubra (Aqabah) tanggal 10 Zulhijah, dan lontar jumroh Ula, Wustha, dan Kubra tanggal 11 dan 12 Dzulhijjah (nafar awal) atau 11, 12 dan 13 Dzulhijah (nafar tsani). Di samping itu, di Mina jamaah haji diharapkan dapat mengoptimalkan ibadah dengan memperbanyak dzikir dan doa sebab Mina merupakan tempat yang mustajab atau dikabulkan doa. (sam)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)