Semarak Ramadhan di Masjid Khulafaur Rasyidin Kanatang Sumba Timur

SAMSUMBA.com – Sebagaimana masjid-masjid lain di Kabupaten Sumba Timur, semarak bulan suci Ramadhan juga ditemukan di Masjid Khulafaur Rasyidin Kanatang. Banyak kegiatan digelar di masjid yang baru berumur satu tahun itu.

“Ada kajian shubuh, belajar Al-Quran dan Iqra, tadarus (mengaji), kuliah tujuh menit (kultum) sebelum shalat tarawih, praktik ibadah dan menghafal surat-surat pendek,” kata Ustadz Muhammad Juma’ah Fathi Ramdhan kepada Samsumba.com, Kamis (14/3/2024).

Ustadz Fathi dan satu lagi rekannya, Ustadz M. Kautsari Alfiyanza merupakan dua dari 8 da’i yang dikirim Ma’had Darul Qur'an Wal Hadits Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) Pancor Lombok Timur untuk berdakwah di Pulau Sumba selama bulan suci Ramadhan.

Keduanya mendapat bagian di Masjid Khulafaur Rasyidin yang terletak di Kecamatan Kanatang, sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Waingapu.

“Di sini kami berdua bergantian mengimami shalat jamaah, menyampaikan kajian/kultum, mengajar mengaji, mendampingi/menyimak tadarusan dan lain sebagainya,” pungkas Ustadz Fathi. (sam)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)