Safari Ramadhan di Masjid Al-Ikhlas Tapil


SAMSUMBA.com - Jamaah Masjid Al-Muhajirin Pakamburung Kelurahan Kamalaputi dan keluarga besar Pengadilan Agama (PA) Waingapu melaksanakan Safari Ramadhan 1445 H / 2024 M di Masjid Al-Ikhlas Tapil Desa Tanaraing Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (23/3/2024). Jarak antara Waingapu ke Tapil sekitar 87 kilometer.

Rombongan 15 mobil berangkat dari Waingapu sekitar pukul 14.00 WITA dan tiba di Masjid Al-Ikhlas sekitar pukul 16.00 WITA. Setelah melaksanakan shalat Ashar, rombongan bersantai sejenak di pantai yang tidak jauh dari masjid.

Sekitar pukul 17.00 WITA, digelar pertemuan dan silaturrahmi antara rombongan dari Waingapu dan jamaah Masjid Al-Ikhlas, bertempat di bangunan masjid lama.

Dipandu oleh Muhammad Zamroni, pertemuan dibuka dengan bacaan basmalah dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Muhammad Alfain. Setelah itu, Agus Sugiarto sebagai ketua rombongan menyampaikan kata sambutan dan disusul dengan sambutan atas nama pengurus takmir Masjid Al-Ikhlas.

Ketua Pengadilan Agama Waingapu, Moh. Bahrul Ulum kemudian menyampaikan tausiyah seputar puasa Ramadhan.

Selain untuk bersilaturrahmi mempererat ukhuwah islamiyah, kedatangan rombongan dari Waingapu juga membawa bantuan. Bantuan untuk jamaah masjid berupa paket sembako untuk 62 keluarga (KK), santunan uang untuk 8 orang janda tua, 5 anak yatim, 4 orang penyandang disabilitas dan 15 orang fakir miskin. Ditambah satu karung pakaian. Juga bantuan untuk masjid berupa cat tembok, kipas angin, kabel dan toa.

Setelah penyerahan bantuan, seremoni ditutup dengan doa yang dipimpin oleh imam Masjid Al-Ikhlas.

Berhubung waktu berbuka tinggal beberapa menit, selanjutnya dzikir dan doa bersama dipimpin Hawari hingga tiba waktu buka puasa.

Seusai menikmati hidangan takjil, rombongan dari Waingapu dan jamaah Masjid Al-Ikhlas melaksanakan shalat Maghrib.

Setelah itu, dilanjutkan dengan makan makanan utama buka puasa yang serba seafood. Ada kepiting, kerang dan ikan dalam tiga olahan (digoreng, dibakar dan dikuah).

Begitu masuk waktu shalat Isya, dilaksanakan shalat Isya dan shalat Tarawih. Shalat Isya diimami oleh ketua Pengadilan Agama Waingapu, sedangkan shalat Tarawih diimami secara bergantian oleh tiga dai dari Ma’had Darul Qur'an Wal Hadits Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah Pancor Lombok Timur, yaitu Muhammad Alfain, Muhammad Zamroni dan Hawari.

Selain di Masjid Al-Ikhlas Tapil, secara serentak Safari Ramadhan juga dilaksanakan di 11 masjid, yaitu di Rambangaru, Lewa, Kawangu, Watumbaka, Pau, Melolo, Kayuri, Tanaraiang, Kamalawatar, Kaliuda dan Benda.

Kegiatan yang dikoordinasi oleh Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sumba Timur itu melibatkan jamaah masjid, jamaah majelis taklim, remaja masjid serta karyawan instansi pemerintah/swasta, TNI, Polri, BUMN/BUMD yang beragama Islam. 

Para peserta Safari Ramadhan diharapkan membawa bantuan seperti uang tunai dan material untuk kebutuhan masjid, kebutuhan pangan (sembako), pakaian layak pakai untuk jamaah/masyarakat. (sam)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)