Rukyatul Hilal di Waingapu Dilakukan di Rooftop Hotel Padadita

 

SAMSUMBA.com - Ahad (10/3/2024), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumba Timur menyelenggarakan rukyatul hilal atau pemantauan hilal awal Ramadhan 1445 H. Bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), rukyatul hilal dilakukan di rooftop Hotel Padadita Waingapu, sebuah tempat yang dipandang cukup tinggi dengan pemandangan bukit yang indah.

Pejabat/tokoh di Kabupaten Sumba Timur yang hadir di lokasi adalah Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama dan Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah.

Selain itu, para dai dari Ma’had Darul Qur'an Wal Hadits Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) Pancor Lombok Timur yang sedang melakukan safari dakwah di Sumba Timur juga tampak hadir mengikuti rukyatul hilal.

Hasil rukyatul hilal dengan menggunakan teropong itu menunjukkan bahwa hilal tidak terlihat. Sejak pagi hari, cuaca di Waingapu memang mendung dan beberapa kali turun hujan.


Tidak terlihatnya hilal di Waingapu juga terjadi di semua titik lokasi rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Sehingga Pemerintah menetapkan awal Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024. (sam)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)