Jelang Ramadhan, Masjid Al-Muhajirin Waingapu Sumba Timur Adakan Kerja Bhakti

SAMSUMBA.com - Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H, Masjid Al-Muhajirin Pakamburung Waingapu Sumba Timur mengadakan kerja bhakti, Ahad (10/3/2024). Sekitar pukul 08.00 WITA, jamaah masjid mulai berdatangan, baik bapak-bapak, remaja maupun anak-anak.

Kerja bhakti dimaksudkan untuk membersihkan dan merapikan masjid. Sebagian jamaah membersihkan rumput di halaman masjid, sebagian membersihkan karpet, sebagian mencuci/membersihkan kipas angin, sebagian mengelap kaca jendela dan sebagian lainnya memasang umbul-umbul di depan masjid.

Walaupun cuaca mendung, bahkan sempat turun hujan, jamaah masjid tetap bersemangat untuk mempercantik rumah ibadah dengan harapan dapat difungsikan secara maksimal selama bulan suci Ramadhan.

Menurut Ketua Pengurus Takmir Masjid Al-Muhajirin, Agus Sugiarto, selama bulan suci Ramadhan telah direncanakan beberapa kegiatan di masjid. Yaitu kuliah sepuluh menit sehabis shalat Shubuh, belajar mengaji anak-anak bakda shalat Ashar, buka bersama, shalat Tarawih dan tadarus Al-Quran.

Selain di Masjid Al-Muhajirin, kerja bhakti juga ditemukan di masjid-masjid lain di Sumba Timur. Antara lain di Masjid Khulafaur Rasyidin Kanatang. Jamaah di masjid yang baru berumur satu tahun itu memasang karpet shalat dan memasang pembatas shalat untuk kaum ibu. (sam)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)