Jamaah Masjid Al-Muhajirin Pakamburung Waingapu Baca Surat Yasin Tiga Kali pada Malam Nisfu Sya’ban

SAMSUMBA.com - Jamaah Masjid Al-Muhajirin Pakamburung Waingapu membaca Surat Yasin tiga kali pada malam Nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban), Sabtu (24/2/2024) malam. Jamaah yang terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu terlebih dahulu melaksanakan shalat Maghrib.

Begitu shalat Maghrib selesai, Penasihat Pengurus Takmir Masjid, Soegito Slamet, menjelaskan bahwa tujuan pembacaan Surat Yasin adalah untuk menghidupkan malam Nisfu Sya’ban yang sangat mulia karena pada malam ini Allah membuka ampunan bagi seluruh hamba-Nya.

“Surat Yasin pertama diniatkan agar diberikan umur panjang dalam ketaatan kepada Allah. Surat Yasin kedua diniatkan agar diberikan kelapangan rizki yang halal untuk bekal beribadah kepada Allah. Surat Yasin ketiga diniatkan agar diberikan ketetapan Iman dan Islam sampai akhir hayat,” ujarnya.

Setelah itu, pembacaan Surat Yasin dipimpin oleh Imam Besar Masjid Al-Muhajirin, KH. Syarif Umar Algadrie dan dilanjutnya dengan doa.

Jamaah tampak khusyu membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali. Sebelum Isya, kegiatan pembacaan Surat Yasin berakhir.

Dalam pantauan Samsumba.com, masjid-masjid lain di Waingapu juga menyelenggarakan pembacaan Surat Yasin pada malam Nisfu Sya’ban. Antara lain Masjid An-Nur Kampung Bugis, Masjid Al-Anwar Manubara dan Masjid Al-Huda Hambala. (yad)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)