Tinggal Dekat Masjid Nabawi, Jamaah Haji Asal NTT Lakukan City Tour ke Tempat-Tempat Bersejarah


SAMSUMBA.com - Jamaah haji Kloter 60 SUB asal Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah berada di Madinah sejak Senin (17/7/2023) malam. Mereka tinggal di Hotel Suites Taiba Madinah.

“Hotelnya sangat dekat ke Masjid Nabawi. Hanya berbatasan pagar. Turun dari hotel, keluar langsung masuk halaman Masjid Nabawi,” kata Drs. KH. Pua Monto Umbu Nay, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kloter 60 SUB, saat dihubungi Samsumba.com baru saja.

Dijelaskannya, selama berada di Madinah jamaah haji melaksanakan shalat arbain atau shalat wajib lima waktu secara berjamaah di Masjid Nabawi bersama imam rawatib secara berturut-turut sebanyak 40 kali.

Selain itu, lanjutnya, jamaah haji juga melakukan city tour (berwisata di dalam kota) ke tempat-tempat bersejarah, seperti yang dilakukan pada hari ini, Rabu (19/7/2023).

“Hari ini kami melakukan city tour ke Masjid Quba’, Jabal Uhud dan kebun kurma. Pukul 06.00 Waktu Arab Saudi, kami keluar dari hotel dan kembali lagi ke hotel sebelum Dzuhur,” terang Pembimbing Ibadah Haji yang juga Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) NTT itu.

Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW saat hijrah dari Mekah ke Madinah. Letaknya tidak jauh dari Masjid Nabawi atau sekitar 5 kilometer di sebelah tenggara Kota Madinah. Adapun Jabal Uhud adalah tempat para syuhada perang Uhud dimakamkan, termasuk paman Rasulullah yang bernama Hamzah. (yad)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)