Pagi Ini Jamaah Haji Asal NTT Tinggalkan Arab Saudi


SAMSUMBA.com - Rabu (26/7/2023) pagi ini, jamaah haji Kloter 60 SUB asal Nusa Tenggara Timur (NTT) meninggalkan Arab Saudi dengan menaiki pesawat Saudia SV 5074. Sekarang jamaah haji sedang berada di Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz Madinah.

“Jadwalnya akan terbang pukul 07.30 Waktu Arab Saudi. Sekarang sedang di depan pintu boarding 109 Bandara Madinah,” kata Drs. KH. Pua Monto Umbu Nay, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kloter 60 SUB, saat dihubungi Samsumba.com baru saja.

Ditambahkannya, pesawat akan mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya pukul 21.45 WIB.

“Jumlah jamaah haji Kloter 60 SUB asal NTT yang berangkat ada 449 orang, meninggal dunia satu orang di Mekah dan satu orang masih dirawat di Rumah Sakit King Fahd Madinah,” papar Pembimbing Ibadah Haji yang juga Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) NTT itu.

Dengan demikian, lanjutnya, jumlah jamaah haji yang pulang ke Tanah Air saat ini berjumlah 447 orang, termasuk 5 petugas kloter.

“Alhamdulillah, mau pulang jamaah haji pada ceria senyum lebar, yang sakit-sakit langsung pada sembuh. Maklum mereka sudah lama meninggalkan Tanah Air, keluarga dan orang-orang yang disayangi. Dan bersyukur telah menunaikan Rukun Islam yang kelima,” pungkasnya. (fa)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)