Meriahkan Tahun Baru Islam, Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Rindi Adakan Lomba Cerdas Cermat

 

SAMSUMBA.com - Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 H., Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur mengadakan lomba cerdas cermat tentang Pengetahuan Agama Islam, Ahad (23/7/2023). Bertempat di aula MTs Al-Muhajirin Tanaraing, lomba diikuti siswa-siswi SD/MI dan SMP/MTs se-Kecamatan Rindi.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Ketua Panitia sekaligus Koordinator Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Rindi, Syahril Ali, S.Pd.I. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan semangat belajar dan mengamalkan agama bagi anak-anak sejak dini. Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini baik moril maupun spirituil.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rindi, Tomidin Umar, SHI. mengapresiasi Penyuluh Agama Islam yang memiliki ide kreatif serta mampu merangkul semua kalangan sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik.

“Penyuluh seperti inilah yang diharapkan pemerintah dan dirindukan oleh umat. Semoga kegiatan seperti ini terus ditingkatkan,” ujar Kepala KUA yang pernah mengenyam pendidikan di Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Nahdlatul Wathan (NW) Lombok Timur.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Rindi, Ustadz Arifin Idris sangat mendukung dan mengajak semua elemen masyarakat agar menyukseskan kegiatan ini karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan keimanan generasi Muslim di masa mendatang.

“Ke depan tidak hanya lomba cerdas cermat yang diadakan. Bila perlu dikembangkan dengan lomba yang lain, seperti tilawah, tahfidz, qosidah dan lain-lain,” harapnya.

Pantauan Samsumba.com, masyarakat sangat antusias dengan kegiatan lomba cerdas cermat. Hal itu dapat dilihat dari kehadiran dan kesetiaannya mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Mereka juga berharap kegiatan seperti ini sering-sering dilakukan.

Lomba cerdas cermat diikuti oleh 12 regu yang terdiri dari 6 regu tingkat SD/MI dan 6 regu tingkat SMP/MTs yang diutus dari masing-masing Masjid se-Kecamatan Rindi, yaitu: Masjid Al-Muhajirin Tanaraing, Masjid Nurul Huda Kayuri, Masjid Baiturahman Kamalawatar, Masjid Al-Ikhlas Tapil, Masjid Al-Mujahidin 58, MIS & MTs Al-Muhajirin Tanaraing.

Adapun yang menjadi juara untuk tingkat SD/MI adalah Utusan MIS Al-Muhajirin Tanaraing (Juara 1), Utusan Masjid Al-Muhajirin Tanaraing (Juara 2) dan Utusan Masjid Baiturahman Kamalawatar (Juara 3).

Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs dimenangkan Utusan MTs Al-Muhajirin Tanaraing (Juara 1), Utusan Masjid Baiturahman Kamalawatar (Juara 2) dan Utusan Masjid Al-Muhajirin Tanaraing (Juara 3). (to/fa)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)