Ibadah Haji Selesai, Jamaah Haji Asal NTT Tinggalkan Mekah

SAMSUMBA.com - Jamaah haji Kloter 60 SUB asal Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan saat ini, Senin (17/7/2023) meninggalkan Mekah menuju Madinah. Demikian disampaikan salah seorang jamaah haji asal Kabupaten Sumba Barat, H. Nadimin, S.Ag., M.H., kepada Samsumba.com baru saja.

“Hari ini pukul 12.20 Waktu Arab Saudi, kami meninggalkan tempat penginapan di Hotel Manazil Izzi, Daerah Raudhoh, Nomor Hotel 607, Sektor VI, Mekah, menuju Madinah. Sekarang ini kami masih di atas bus,” ujarnya.

Ditambahkannya, seluruh jamaah haji asal NTT telah melaksanakan thawaf wada (thawaf perpisahan) kemarin. Pagi harinya, jamaah haji yang berusia lanjut usia (lansia) dan berisiko tinggi (risti) lebih dulu melaksanakan thawaf wada dengan menyewa jasa dorong kursi roda dan jamaah haji lainnya melaksanakan thawaf wada malam harinya (tadi malam).

Lebih lanjut, mantan Hakim Pengadilan Agama Waikabubak yang sekarang menjabat Wakil Ketua Pengadilan Agama Rembang itu mengatakan bahwa selama di Madinah, jamaah haji akan melaksanakan shalat wajib lima waktu secara berjamaah di Masjid Nabawi bersama imam rawatib secara berturut-turut tanpa ketinggalan satu shalat pun sebanyak 40 kali atau disebut shalat arbain.

Selain itu, sambungnya, untuk berziarah ke Makam Rasulullah SAW dan berdoa di Raudhah. Jika memungkinan juga mengunjungi tempat-tempat bersejarah, seperti Masjid Quba', Jabal Uhud, Pemakaman Baqi dan Masjid Qiblatain. (sam)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)