11 Jamaah Haji Lansia dan Risti Asal NTT Baru Selesaikan Rukun Haji


SAMSUMBA.com - 11 jamaah haji berusia lanjut usia (lansia) dan berisiko tinggi (risti) asal Nusa Tenggara Timur (NTT) baru menyelesaikan rukun haji, yaitu thawaf ifadhah dan sa’i, Sabtu (8/7/2023). Mereka menggunakan jasa dorong kursi roda seharga 300SAR (Tiga Ratus Riyal Arab Saudi) tiap jamaah haji.

“Hari ini pukul 06.30 Waktu Arab Saudi, 11 jamaah haji berangkat dari hotel menuju Terminal Syib Amir dengan menaiki bus sholawat secara gratis. Di terminal menyewa jasa petugas dorong kursi roda, petugas resmi Masjidil Haram yang berseragam,” kata Drs. KH. Pua Monto Umbu Nay, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kloter 60 SUB kepada Samsumba.com baru saja.

Ditambahkannya, dengan selesainya 11 jamaah haji tersebut melaksanakan thawaf ifadhah dan sa’i maka saat ini dari seluruh jamaah haji asal NTT yang belum tuntas rukun hajinya tinggal tersisa satu orang saja.

“Ya, tinggal tersisa 1 jamaah haji lagi. Saat ini masih dirawat di rumah sakit. Sepulang dari Mina yang lalu, jamaah itu drop dan langsung dirujuk ke rumah sakit. Sampai sekarang masih dirawat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pembimbing Ibadah Haji yang juga Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) NTT itu mengatakan bahwa jamaah haji asal NTT akan meninggalkan Mekah menuju Madinah pada 17 Juli 2023 dan pulang ke Tanah Air pada 26 Juli 2023. (za)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)