Tiba di Arofah, Jamaah Haji Kloter 60 SUB Asal NTT Langsung Dapat Jatah Makan


SAMSUMBA.com - Jamaah haji Kloter 60 SUB asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berjumlah 449 orang tiba di Arofah sekitar pukul 17.30 Waktu Arab Saudi saat suasana masih terlihat terang. Mereka langsung mendapat jatah makan.

“Datang langsung dikasih makan,” kata salah seorang jamaah haji asal Kabupaten Sumba Barat, Nadimin, S.Ag., M.H. kepada Samsumba.com baru saja, Senin (26/6/2023).

Lebih lanjut dijelaskan, seluruh jamaah haji begitu tiba di Arofah terus memasuki tenda yang sudah disediakan sesuai maktab masing-masing. Para jamaah tampak bahagia ketika memasuki tenda dan mulai menempati kasur yang sudah tersusun rapi. Mereka dapat segera beristirahat atau menyantap makanan yang sudah dibagikan.

Menurutnya, fasilitas tenda yang ditempati jamaah haji selama di Arofah tergolong sangat nyaman dan sesuai harapan.

“Tendanya ber-AC, ada tempat tidur dan bantal serta tersedia kamar mandi di luar tenda. Insyaallah dengan modal sabar dan syukur, tidak ada alasan untuk mengeluh,” ujar Wakil Ketua Pengadilan Agama Rembang itu.

Jamaah haji berada di Arofah guna melaksanakan wukuf pada tanggal 9 Dzulhijjah yang merupakan puncak ibadah haji. Wukuf adalah salah satu rukun haji yang tidak boleh ditinggalkan. Seseorang dikatakan tidak berhaji jika tidak melaksanakan wukuf. (zi)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)