Semarak Qurban di Waingapu Tahun 2023

SAMSUMBA.com - Sebagaimana dilakukan di berbagai tempat di seluruh belahan dunia, usai Shalat Idul Adha 1444 H pada Kamis (29/6/2023), umat Islam di Kabupaten Sumba Timur tidak ketinggalan juga melakukan penyembelihan hewan qurban.  

Pantauan Samsumba.com, Masjid Al-Anwar Manubara menyembelih 9 ekor sapi dan 12 ekor kambing, Masjid At-Tawwabin Palahau menyembelih 5 ekor sapi dan 11 ekor kambing, dan Masjid Al-Muhajirin Pakamburung menyembelih 2 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Di masjid-masjid yang lain juga melakukan penyembelihan hewan qurban.

Semua masjid di Kota Waingapu dan sekitarnya jauh-jauh hari telah membentuk panitia penerimaan dan pendistribusian hewan qurban. Sebagian pihak yang berqurban menyerahkan sejumlah uang kepada panitia dan selanjutnya panitia yang mencarikan hewan qurban. Biasanya untuk sapi. Sebagian lainnya menyerahkan kepada panitia dalam bentuk hewan qurban, seperti kambing atau domba.

Begitu pulang dari Lapangan Pahlawan Waingapu, tempat Shalat Idul Adha, panitia langsung mempersiapkan diri, baik bapak-bapak maupun ibu-ibu. Tampak anak-anak kecil ikut nimbrung menyaksikan penyembelihan hewan qurban.

Untuk teknis pendistribusian daging hasil sembelihan, tiap masjid berbeda-beda. Ada yang menggunakan kupon dan ada yang langsung dibagikan oleh panitia dari rumah ke rumah (door to door). 

Berdasarkan pengumuman dari Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sumba Timur sesaat sebelum dilaksanakan Shalat Idul Adha, jumlah hewan qurban di Kota Waingapu dan sekitarnya berjumlah 48 sapi, 226 kambing dan 7 domba. 

Dari jumlah itu, ada seekor sapi yang merupakan bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur yang diserahkan Bupati Drs. Khristofel Praing, M.Si., seekor sapi dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan seekor sapi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumba Timur. (fa)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)