Idul Adha 1444 H, Masjid Khulafaur Rasyidin Kanatang Sembelih 1 Sapi dan 19 Kambing

SAMSUMBA.com - Semarak berqurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 H. di Kabupaten Sumba Timur tidak hanya terjadi di pusat Kota Waingapu. Lebih dari itu, juga di wilayah-wilayah terluar, termasuk di Masjid Khulafaur Rasyidin Kanatang. Yaitu, sebuah masjid yang baru beroperasi sejak Ramadhan 2023.

“Di Masjid Khulafaur Rasyidin Kanatang menyembelih 1 ekor sapi dan 19 ekor kambing. Untuk sebuah masjid yang belum lama berdiri, ini termasuk luar biasa. Ini bukti kepercayaan masyarakat kepada masjid ini,” kata Haris Setiawan, S.Pd., salah seorang panitia pembangunan yang hadir menyaksikan penyembelihan hewan qurban, kepada Samsumba.com, Kamis (29/6/2023).

Pak Guru Naris, sapaan akrab Haris Setiawan, menambahkan bahwa di antara hewan qurban itu ada 4 ekor kambing kiriman dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Abidin Surakarta Jawa Tengah.

“Kami mewakili kawan-kawan mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan kepercayaan dari LAZ Al Abidin Surakarta. Semoga Allah membalas kebaikan Pengurus LAZ dan para pihak yang berqurban dengan balasan berlipat ganda,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, seluruh hewan qurban akan didistribusikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya (mustahiq) yang tinggal di sekitar Masjid Khulafaur Rasyidin. Diharapkan di tahun-tahun mendatang jumlah hewan qurban akan bertambah sehingga semakin banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat. (zi)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)