Di Pengajian Khulafaur Rasyidin, Ustadz Tomidin Umar Berpesan Jangan Malas Menuntut Ilmu


SAMSUMBA.com - Komunitas Khulafaur Rasyidin Sumba Timur menggelar pengajian rutin di aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Waingapu, Kamis (8/6/2023). Pengajian diawali dengan pembacaan Surat Yasin, dilanjutkan tahlil dan doa. Setelah itu, tausiyah yang disampaikan Ustadz Tomidin Umar, SHI., kepala KUA Kecamatan Rindi.

Pada kesempatan itu, Ustadz Tomidin menyerukan jamaah Komunitas Khulafaur Rasyidin agar tidak malas menuntut ilmu. Karena satu-satunya cara untuk meraih kebahagiaan hanya dengan ilmu. Ia mengutip ungkapan Imam Syafi’i, man aradad dunya fa’alaihi bil ‘ilmi waman aradal akhirata fa’alaihi bil ‘ilmi.

"Imam Syafii mengatakan, siapa ingin sukses di dunia ini maka hendaklah dengan ilmu dan siapa ingin sukses di akhirat maka hendaklah dengan ilmu," ujarnya.

Maka ditegaskan Ustadz Tomidin agar jamaah tidak malas menuntut ilmu atau menuju tempat ilmu.

"Yang namanya majelis ilmu, walaupun kita hanya datang, duduk, diam, dengar, tidur, tetap mendapat pahala luar biasa dari Allah. Karena, kewajiban kita itu menuntut ilmu dan yang memberikan ilmu itu Allah," jelasnya.

Ditambahkan Ustadz Tomidin, dengan seringnya Khulafaur Rasyidin Sumba Timur menggelar majelis ilmu maka Allah akan memudahkan langkah menuju surga sesuai hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya, "Siapa yang menempuh jalan guna menimba ilmu maka Allah akan memudahkan langkahnya menuju ke surga".

"Kalau kita ini malas untuk menuntut ilmu dan yang punya ilmu enggan berbagi ilmunya maka agama Islam ini akan putus sampai pada generasi kita ini. Tapi, kalau kita tetap semangat menuntut ilmu, menghadiri kajian shubuh, kajian malam, kajian Ashar, majelis taklim, banyak kegiatan ilmu, Insyaallah umat Islam akan tumbuh subur dan makmur. Insyaallah keturunan kita akan selalu paham soal agama," pungkasnya. (fa)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)