Bangunkan Rumah Akibat Kebakaran di Kambajawa, Panitia Mohon Dukungan


SAMSUMBA.com - Musibah kebakaran menimpa keluarga duafa (kurang mampu) di Kelurahan Kambajawa Kecamatan Waingapu, Sabtu (27/5/2023). Seluruh bangunan rumah habis terbakar, sehingga keluarga tersebut terpaksa menumpang di rumah tetangganya. Seketika warga menunjukkan kepedulian dengan membantu membangunkan rumah di lokasi baru.

Pembangunan rumah itu dikoordinasi oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumba Timur di bawah kepanitiaan yang diketuai oleh Burhanuddin Hamid.

Pembangunan rumah dimulai pada Ahad (11/6/2023), dengan membangun pondasi. Tampak warga bergotong royong di lokasi. Direncanakan pembangunan rumah akan selesai dalam dua pekan.

“Semoga bisa selesai dalam dua pekan. Sekarang ini sudah terkumpul modal awal untuk pembangunan sejumlah Rp. 18.000.000,00 (delapan belas juta rupiah),” kata Ketua Panitia Pembangunan, Burhanuddin Hamid, kepada Samsumba.com saat gotong royong.

Jumlah uang itu, sambungnya, berasal dari keluarga korban sejumlah Rp. 7.000.000,00 (tujuh juta rupiah), sumbangan Yayasan Bina Sumba Robbani sejumlah Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah), sumbangan jamaah Sumba Barat sejumlah Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah) dan sumbangan pribadi (anggota Majelis Taklim Assakinah Attawwabin) sejumlah Rp. 1.000.000.00 (satu juta rupiah).


Ditambahkannya, juga ada sumbangan pribadi (jamaah Masjid Al-Anwar Manubara) berupa 4 jendela, 3 kusen pintu dan besi sloof jadi.

“Panitia memohon dukungan dan bantuan dari masyarakat, baik secara perorangan maupun melalui instansi atau organisasi, supaya pembangunan rumah ini cepat selesai dan bisa ditempati secepatnya,” ujar mantan Lurah Hambala itu. (fa)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)