Zakat Fitrah di Waingapu Dibagikan H-1 Lebaran


SAMSUMBA.com – Masjid-masjid di Waingapu telah membagikan zakat fitrah H-1 lebaran. Hal itu, menurut salah seorang Pengurus Takmir Masjid At-Tawwabin Palahau, Ustadz Ismail, untuk memastikan semuanya terdistribusi. Hal senada juga dikemukakan Ketua Pengurus Takmir Masjid Al-Muhajirin Pakamburung, Agus Sugiarto.

Selain itu, dengan lebih cepat dibagikan maka zakat fitrah dapat segera dimanfaatkan oleh para mustahik (yang berhak menerima zakat) untuk menyambut lebaran.

Dalam pantauan Samsumba.com, Masjid Al-Muhajirin Pakamburung, Masjid Al-Anwar Manubara dan Masjid At-Tawwabin Palahau membagikan zakat fitrah pada Kamis (20/4/2023). Sebab, ada kemungkinan Idul Fitri akan jatuh pada Jumat (21/4/2023).

Masjid-masjid di Waingapu pada umumnya telah membuka penerimaan zakat fitrah pada awal atau selambat-lambatnya pertengahan Ramadhan. Sehingga panitia (amil) mempunyai waktu yang cukup untuk mempersiapkan pembagiannya. Termasuk mengantisipasi jika terdapat kelebihan (sisa).

“Tadi sore Masjid Al-Muhajirin sudah bagikan. Tetapi, setelah keliling-keliling ke semua yang berhak, ternyata masih ada sisanya, karena ada sebagian yang sudah meninggal dunia, maka dibagikan ke luar wilayah, yaitu di Hambala,” ujar Agus Sugiarto.

Sementara itu, di Masjid At-Tawwabin jika ada kelebihan setelah dibagikan maka dibagikan ke jamaah yang aktif shalat tetapi tidak tinggal di wilayah Masjid At-Tawwabin, seperti di Panapa, Kalu dan Prailiu.

“Jika masih ada lebihnya lagi maka dibagikan ke dhuafa jamaah pengajian yang tergabung di Majelis Taklim Nurul Hikmah dan Majelis Taklim As-Sakinah,” jelas Ustadz Ismail. (mf)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)