Umat Islam Waingapu Gelar Pawai Takbir Keliling Sambut Idul Fitri

 

SAMSUMBA.com – Umat Islam Waingapu menggelar pawai takbir keliling guna menyambut Idul Fitri 1444 H / 2023 M, Jumat (21/4/2023). Berangkat sehabis shalat Isya dari Masjid Agung Al-Jihad, pawai diikuti oleh jamaah masjid-masjid di Waingapu menuju arah ke Pelabuhan Rakyat.

Pantauan Samsumba.com, tiap jamaah masjid menampilkan kreativitas masing-masing. Misalnya, jamaah Masjid At-Tawwabin Palahau membuat kreasi replika miniatur Masjid At-Tawwabin.

Warga yang tidak ikut pawai mengambil posisi di kanan kiri jalan yang dilewati pawai. Bahkan tidak sedikit yang mendokumentasikan peristiwa setahun sekali itu dengan memoto dan merekam video.

“Luar biasa, ramai sekali. Tidak hanya menjadi tontonan bagi warga Muslim. Saudara-saudara Non-Muslim pun ikut menikmati pawai takbir keliling,” kata Ita, warga Pakamburung yang baru pertama kali menyaksikan pawai takbir keliling di Waingapu.

Ita mengusulkan untuk tahun depan supaya rute perjalanannya melewati jalan-jalan protokol sehingga lebih meriah lagi dan dibuat tata tertib atau aturan apa saja yang tidak boleh dilakukan selama pawai, seperti tidak boleh menyinggung SARA.

“Selain itu, pawai perlu dibuat lomba. Penilaiannya bisa dari berbagai aspek, antara lain kreativitas, kerapian barisan dan kekompakan dalam bertakbir,” jelasnya. (da)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)