Umat Islam Se-Waingapu dan Kambera Serentak Gelar Safari Ramadhan di Masjid-Masjid Luar Kota

 

SAMSUMBA.com – Umat Islam yang tinggal di Kota Waingapu dan Kambera secara serentak akan menggelar Safari Ramadhan di masjid-masjid luar kota, Jumat-Sabtu (7-8/4/2023). Kegiatan itu merupakan rutinitas setiap tahun yang dikoordinasi oleh Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sumba Timur.

Dalam surat PHBI Nomor 46/PHBI-ST/III/2023 disampaikan bahwa Safari Ramadhan akan mengambil tempat di 12 masjid, yaitu di Rambangaru, Lewa, Kawangu, Watumbaka, Pau, Melolo, Kayuri, Tapil, Tanaraing, Kamalawatar, Kaliuda dan Benda.

Adapun yang menjadi peserta adalah jamaah masjid, jamaah majelis taklim, remaja masjid serta karyawan instansi pemerintah/swasta, TNI, Polri, BUMN/BUMD yang beragama Islam.

Masih menurut surat PHBI tersebut, dimohon kepada para peserta Safari Ramadhan supaya membawa bantuan seperti uang tunai dan material untuk kebutuhan masjid, kebutuhan pangan (sembako) dan pakaian layak pakai untuk masyarakat.

Jamaah Masjid Al-Muhajirin Pakamburung, salah satu peserta Safari Ramadhan telah menunjukkan kesiapannya untuk menyukseskan Safari Ramadhan. Bahkan Pengurus Takmir Masjid Al-Muhajirin telah melakukan survei ke masjid tujuan, yaitu Masjid Nurul Huda Desa Kayuri Kecamatan Rindi, Senin (3/4/2023).

“Kami sudah bertemu Pengurus Takmir Masjid Nurul Huda Kayuri dan sudah melihat langsung kondisi di lapangan apa saja yang menjadi kebutuhan masjid. Antara lain, seng masjid banyak yang rusak, plafon banyak yang bocor, cat tembok perlu diperbarui, perlu kipas angin dan buku untuk mengaji berupa Juz Amma dan Iqra,” kata Ketua Pengurus Takmir Masjid Al-Muhajirin, Agus Sugiarto kepada Samsumba.com, Selasa (4/4/2023).

Sepulang dari Kayuri, sambung Agus, pihaknya telah mengadakan rapat dengan jamaah Masjid Al-Muhajirin dan disepakati untuk memberikan bantuan sesuai yang dibutuhkan Masjid Nurul Huda Kayuri.

“Kami juga berencana akan membawa bingkisan berupa paket sembako untuk 46 KK serta santunan untuk 11 anak yatim dan 4 orang janda tua,” pungkasnya. (af)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)