Safari Ramadhan di Masjid Nurul Huda Kayuri

 

SAMSUMBA.com – Jamaah Masjid Al-Muhajirin Pakamburung, pegawai Pengadilan Agama (PA) Waingapu dan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumba Timur melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Nurul Huda Desa Kayuri Kecamatan Rindi, Sabtu (8/4/2023).

Sekitar pukul 17.15 WITA rombongan 16 mobil dari Waingapu tiba di Kayuri dan disambut oleh pengurus takmir dan jamaah Masjid Nurul Huda.

“Selain untuk bersilaturrahmi mempererat ukhuwah islamiyah, kami datang membawa sedikit bantuan dari Masjid Al-Muhajirin, Pengadilan Agama Waingapu dan Baznas. Semoga dapat bermanfaat untuk Masjid Nurul Huda dan jamaah di sini,” kata Ketua Pengurus Takmir Masjid Al-Muhajirin yang juga ketua rombongan, Agus Sugiarto, saat upacara penyambutan.

Bantuan yang dimaksud Agus berupa buku untuk mengaji (juz amma dan iqra) dan buku maulid diba’, paket sembako untuk 46 keluarga (KK), santunan untuk 11 anak yatim dan 4 orang janda tua ditambah beberapa sandal, 1 pak (50 lembar) seng, triplek, cat tembok, cat plafon dan 2 kipas angin dinding serta uang tunai Rp3.000.000,- (tiga juta rupiah) untuk membantu pembangunan tempat wudhu dan toilet masjid.

Pengurus takmir Masjid Nurul Huda mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan dan mendoakan semoga dibalas oleh Allah dengan balasan yang lebih baik.

Upacara penyambutan berakhir menjelang waktu buka puasa. Seusai menikmati hidangan takjil di teras masjid, rombongan dari Waingapu dan jamaah Masjid Nurul Huda melaksanakan shalat Maghrib.

Setelah itu, dilanjutkan dengan makan makanan utama buka puasa di halaman masjid. Tampak rombongan dari Waingapu menikmati makanan yang serba ikan itu.

Begitu masuk waktu shalat Isya, dilaksanakan shalat Isya dan shalat Tarawih. Shalat Tarawih diimami secara bergantian oleh Ustadz Moh. Bahrul Ulum (ketua Pengadilan Agama Waingapu) dan Muhammad Juma’ah Fathi Ramdhan (santri asal Ma’had Darul Qur'an Wal Hadits Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah Pancor Lombok Timur). Adapun yang bertindak sebagai penceramah adalah Ustadz Fahrurrozi Zawawi (wakil ketua Pengadilan Agama Waingapu).

Selain di Masjid Nurul Huda Kayuri, secara serentak Safari Ramadhan juga dilaksanakan di 11 masjid, yaitu di Rambangaru, Lewa, Kawangu, Watumbaka, Pau, Melolo, Tapil, Tanaraiang, Kamalawatar, Kaliuda dan Benda.

Kegiatan yang dikoordinasi oleh Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sumba Timur itu melibatkan jamaah masjid, jamaah majelis taklim, remaja masjid serta karyawan instansi pemerintah/swasta, TNI, Polri, BUMN/BUMD yang beragama Islam.

Sesuai surat yang dikeluarkan PHBI Nomor 46/PHBI-ST/III/2023, para peserta Safari Ramadhan dimohon supaya membawa bantuan seperti uang tunai dan material untuk kebutuhan masjid, kebutuhan pangan (sembako), pakaian layak pakai untuk masyarakat. (af)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)