Melalui Safari Ramadhan, Masjid Al-Anwar Manubara Serahkan Bantuan ke Masjid Al-Mubarak Lewa

 

SAMSUMBA.com – Pengurus Takmir Masjid Al-Anwar Manubara berikut jamaahnya menggelar Safari Ramadhan Tahun 2023 di Masjid Al-Mubarak Pametikarata Desa Lewapaku Kecamatan Lewa Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (8/4/2023). Melalui Safari Ramadhan, diserahkan sejumlah bantuan.

Tiba di Lewa sekitar pukul 17.30 WITA, rombongan 40 orang dalam 9 mobil itu disambut oleh Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Lewa, Pengurus Takmir, Majelis Taklim dan jamaah Masjid Al-Mubarak.

Ketua Rombongan, Murawan, mengatakan saat acara penyambutan, bahwa Safari Ramadhan dapat dimaknai sebagai bentuk perjalanan setiap Muslim untuk berdialog, berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan masyarakat. Hal itu dianjurkan oleh Rasulullah, karena silaturahmi mempunyai banyak manfaat, antara lain adalah memperpanjang usia dan memperbanyak rizki bagi yang melakukannya.

“Kami datang hari ini berjumlah 40 orang. Kami bersinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumba Timur membawa 84 paket sembako yang diperuntukkan bagi kaum dhuafa, fakir/miskin, janda dan anak-anak yatim piatu di wilayah Lewa. Kami juga membawa sedikit rizki berupa uang tunai berjumlah Rp6.000.000,- (enam juta rupiah) untuk membantu pembangunan Masjid Al-Mubarak,” kata Murawan.

Pengurus MUI Kecamatan Lewa mewakili Pengurus Takmir Masiid Al-Mubarak menyampaikan terima kasih atas kunjungan silaturahmi ke Lewa dan apalagi membawa bantuan.

Setelah masuk waktu buka puasa, rombongan dari Waingapu dan jamaah Masjid Al-Mubarak menikmati hidangan takjil dan dilanjutkan shalat Maghrib berjamaah. Baru kemudian ramah tamah sambil menyantap hidangan makanan utama buka puasa.

Acara berikutnya adalah shalat Isya dan Tarawih. Shalat Isya diimami oleh Ustadz Abdul Mugni, kepala Madrasah Ibadur Rahman Manubara dan Shalat Tarawih diimami oleh Imam Masjid Al-Mubarak.

Ustadz Fikraman, S.Pd., salah satu pengajar Madrasah Ibadur Rahman Manubara didaulat menyampaikan materi ceramah tentang keberkahan Ramadhan. Tampak jamaah sangat antusias menyimak ceramah yang disampaikannya. (ris)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)