Masjid Khulafaur Rasyidin Kanatang Gelar Buka Puasa, Shalat Tarawih dan Peringatan Nuzulul Quran

 

SAMSUMBA.com – Masjid Khulafaur Rasyidin Kanatang menggelar buka puasa, shalat Tarawih dan peringatan Nuzulul Quran, Ahad (16/4/2023). Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Takmir Masjid, Achyar Efendi, mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat silaturrahmi dan memperkuat ukhuwah islamiyah sesama jamaah Masjid.

Sekitar pukul 17.30 WITA acara dimulai dengan pembacaan shalawat dan dilanjutkan dzikir buka puasa. Begitu masuk waktu buka puasa, para jamaah berbuka dengan aneka hidangan ringan. Antara lain kurma, es buah, kacang hijau dan jajanan lainnya.

Sehabis shalat Maghrib, jamaah menikmati makan utama yang disiapkan oleh ibu-ibu Majelis Taklim Masjid Khulafaur Rasyidin. Setelah itu, jamaah melaksanakan shalat Isya dan shalat Tarawih yang diimami Ustadz Hawari dan Ustadz Muhammad Juma’ah Fathi Ramdhan secara bergantian. Keduanya santri asal Ma’had Darul Qur'an Wal Hadits Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah Pancor Lombok Timur.

Bertindak sebagai penceramah pada peringatan Nuzulul Quran adalah Ustadz H. Fahrurrozi Zawawi. Di awal tausiyah, ia menyatakan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan dari sore hingga malam hari itu.

“Alhamdulillah, kita bersyukur malam hari ini kita bisa hadir di tempat mulia ini. Tidak disangka, satu tahun yang lalu tempat ini hanyalah tanah kosong. Tetapi berkat kekompakan dan kebersamaan umat Islam, di tempat ini bisa ditegakkan rumah Allah. Kita doakan semoga siapa saja yang berkontribusi, baik berupa tenaga, pikiran maupun uang/material dibalas oleh Allah dengan rizki yang melimpah dan disegerakan berangkat ibadah haji ke Tanah Suci serta di Akhirat dimasukkan ke dalam surga,” kata Ustadz Fahrurrozi yang diaminkan para jamaah.

Lebih lanjut, Ustadz yang juga Wakil Ketua Pengadilan Agama Waingapu itu mengungkapkan rasa syukur karena dengan berdirinya masjid, maka masyarakat Kanatang dapat mengadakan buka puasa menikmati hidangan yang disiapkan ibu-ibu Majelis Taklim sehingga mempererat silaturrahmi dan memperkuat ukhuwah islamiyah sesama jamaah Masjid.

Adapun mengenai materi tausiyah peringatan Nuzulul Quran, Ustadz Fahrurrozi menjelaskan pokok-pokok kandungan Al-Quran. Yaitu aqidah/tauhid, ibadah, akhlaq/etika, hukum, kisah umat terdahulu dan pengembangan ilmu pengetahuan. (dm)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)