Hari Pertama Lebaran, Umat Islam di Waingapu Saling Berkunjung

 

SAMSUMBA.com – Seperti tradisi lebaran di daerah-daerah lain, hari pertama lebaran, Sabtu (22/4/2023) di Waingapu dan sekitarnya diisi dengan saling berkunjung ke rumah. Sepulang dari shalat Idul Fitri, umat Islam memfokuskan diri dengan aktivitas bertamu atau menerima tamu.

Tujuan saling kunjung itu untuk bersilaturahmi, mengucapkan Selamat Idul Fitri, memohon maaf dengan ucapan Mohon Maaf Lahir Batin dan mendoakan Minal Aidin wal Faizin (semoga tergolong orang yang kembali ke fitrah / suci dan orang yang menang).

Pada umumnya saling kunjung itu dilakukan oleh mereka yang mempunyai hubungan tetangga, kekeluargaan, persaudaraan, persahabatan, pekerjaan/bisnis dan organisasi.

Di meja-meja ruang tamu dijumpai aneka makanan dan minuman. Bahkan ada juga yang menyiapkan menu khusus demi menghormati para tamu lebaran, seperti bakso.

Pantuan Samsumba.com, hingga pukul 21.00 WITA tampak jalanan masih ramai dan rumah-rumah masih terdengar suara perbincangan antara tuan rumah dan tamunya. (ad)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)