Di Lapas Waingapu Pun Diadakan Shalat Tarawih

 

SAMSUMBA.com – Semarak shalat Tarawih di Kabupaten Sumba Timur tidak hanya terjadi di masjid dan mushola saja. Lebih dari itu, juga di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Waingapu. Shalat Tarawih diikuti oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan pegawai Lapas yang beragama Islam.

Yang bertindak sebagai imam shalat di Lapas Waingapu dari awal hingga akhir Ramadhan adalah Tuan Guru Achmad Abdurahman, S.Ag., ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumba Timur dan penyelenggara Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumba Timur.

“Jamaah shalat Tarawih di Mushola At-Taubah Lapas Waingapu terdiri dari sekitar 15 warga binaan dan 20 pegawai Lapas,” ujar Tuan Guru Achmad saat dihubungi Samsumba.com, Selasa (18/4/2023).

Sehabis shalat, lanjutnya, diberikan tausiyah atau ceramah agama yang isinya penguatan nilai-nilai agama.

“Pelaksanaan shalat Tarawih dan tausiyah itu sebagai wujud pemenuhan hak warga binaan dalam beribadah, lebih-lebih dalam bulan yang penuh berkah ini,” pungkasnya. (af)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)