250 Orang Ikuti Safari Ramadhan di Masjid Baiturrahman Kamalawatar

 

SAMSUMBA.com – 250 orang mengikuti Safari Ramadhan di Masjid Baiturrahman Kamalawatar Desa Haikatapu Kecamatan Rindi, Sabtu (8/4/2023). Jumlah itu terdiri dari pengurus takmir dan jamaah Masjid An-Nur Kampung Bugis, pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumba Timur serta karyawan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Waingapu dan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Waingapu yang beragama Islam.

Setibanya di lokasi, Ketua Rombongan, Arsyad Idris menyampaikan sambutan di hadapan para jamaah yang memadati Masjid Baiturrahman Kamalawatar. Menurutnya, jumlah peserta Safari Ramadhan dari Masjid An-Nur, Baznas, Lapas dan Pelni itu secara keseluruhan mencapai 250 orang dengan menaiki 26 mobil dan 35 sepeda motor.

“Alhamdulillah, kami dapat bersilaturrahmi ke Kamalawatar dan membawa sedikit bantuan untuk saudara-saudara kami di sini. Kami bawa beras sebanyak 150 kilogram, gula pasir 50 kilogram, minyak goreng 41 liter (kemasan botol 1 liter), mie instan 10 dus, air mineral 20 dus, buku Iqra’ dan Juz Amma, sajadah, pakaian, sandal dan uang tunai sebesar Rp4.000.000,- (empat juta rupiah) untuk dapat dimanfaatkan oleh jamaah Masjid Baiturrahman. Juga ada beras sebanyak 205 kilogram dari Baznas,” ujarnya.

Pengurus Takmir Masjid Baiturrahman mengucapkan terima kasih atas kunjungan silaturahmi dan bantuan yang diberikan kepada jamaah di Kamalawatar dengan iringan doa semoga dermawan dan donatur selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan.

Tampak hadir di tengah-tengah Safari Ramadhan sore itu, Ketua Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sumba Timur, H. Mansyur Muslim. Selain mengapresiasi terlaksananya Safari Ramadhan, Ketua PHBI itu menyampaikan beberapa program PHBI ke depannya. Salah satunya rencana Halal bi Halal se-Daratan Pulau Sumba yang akan diadakan di Sumba Tengah.

“Mohon doa dan dukungan para jamaah demi suksesnya kegiatan tersebut,” pintanya.

Dalam Safari Ramadhan tersebut juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan Ustadz Achmad Abdurrahman, S.Ag., kepala Seksi Bimas Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Sumba Timur, berjudul momentum Ramadhan menjadi insan yang beriman dan bertaqwa.

Ustadz lulusan Ma’had Darul Qur'an Wal Hadits Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah Pancor Lombok Timur itu mengutip Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 183 yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

“Barang siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka. Itu riwayat dalam kitab Durrat an-Nasihin. Untuk dapat memaknai Ramadhan dengan suka cita, umat Islam disarankan untuk selalu melakukan banyak kebaikan,” terangnya.

Beberapa amalan yang dapat dilakukan, lanjutnya, adalah bertasbih, membaca Al-Quran, menjalankan shalat berjamaah dan memperbanyak amal shalih lainnya. “Tak lupa, isi pula setiap malam di bulan Ramadhan dengan berdzikir kepada Allah SWT dan menjalankan shalat sunah,” pesan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sumba Timur itu. (har)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)