Tidak Hanya untuk Shalat, Masjid At-Tawwabin Waingapu Juga Berperan sebagai Solusi bagi Kaum Dhuafa

 

SAMSUMBA.com – Masjid At-Tawwabin Palahau Kelurahan Kamalaputi Kecamatan Waingapu Kabupaten Sumba Timur tidak hanya berfungsi sebagai tempat shalat. Lebih dari itu, juga memainkan peran sebagai solusi bagi kaum dhuafa.

“Sudah berjalan beberapa bulan. Rutin tiap awal bulan kami membagikan sembako secara cuma-cuma kepada sekitar 30-an kaum dhuafa sekitar Masjid At-Tawwabin. Dalam waktu 3 bulan sekali jumlahnya bisa lebih besar,” kata Ustadz Fikraman kepada Samsumba.com di sela-sela pembagian sembako, Rabu sore (22/3/2023).

Pada sore itu, sambungnya, jumlah sembako yang dibagikan cukup besar, yaitu mencapai 80 paket, yang terdiri antara lain dari beras 5 kilogram, gula dan minyak goreng.

“Sumbernya dari para donator. Jadi, bukan dari uang kas masjid. Namun, dari donasi para dermawan,” terangnya.


Masjid At-Tawwabin telah menunjukkan kelasnya bahwa masjid tidak hanya berfungsi untuk shalat, mengaji atau belajar ilmu agama. Akan tetapi, bisa meningkatkan perannya sebagai solusi bagi kaum dhuafa. Diharapkan ke depannya, peran itu semakin membesar sehingga semakin banyak masyarakat yang mendapat manfaat dari keberadaan masjid. Bahkan, diharapkan dapat menginspirasi masjid-masjid lain di Waingapu dan sekitarnya. (af)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)