Suasana Buka Puasa di Masjid At-Tawwabin Waingapu

 

SAMSUMBA.com – Suasana berbuka puasa di Masjid At-Tawwabin Palahau Kelurahan Kamalaputi Kecamatan Waingapu Kabupaten Sumba Timur tak ubahnya seperti di Masjidil Haram Mekah dan Masjid Nabawi Madinah. Para jamaah duduk berjejer dan di depan mereka disiapkan aneka makanan dan minuman.

“Setiap hari kami mengadakan buka puasa di halaman masjid. Sekitar setengah jam sebelum waktu berbuka, para jamaah sudah berdatangan. Sambil menungu adzan Maghrib mereka berdzikir dipimpin oleh seorang ustadz,” kata Ustadz Fikraman saat ditemui Samsumba.com di sela-sela buka puasa, Ahad (26/3/2023).

Tampak para jamaah antusias menikmati hidangan buka puasa. Ada es buah, kopi, teh, air mineral, kurma, gorengan dan aneka jajanan. Makanan dan minuman itu disiapkan oleh ibu-ibu atau jamaah perempuan.

“Khusus tiap hari Ahad diadakan Kajian Ramadhan. Jadi, pukul 17.00 WITA kegiatan sudah dimulai,” sambung Ustadz Fikraman yang merupakan salah seorang pengurus takmir Masjid At-Tawwabin.

Yang bertindak sebagai pembicara dalam Kajian Ramadhan Ahad pertama adalah Ustadz H. Fahrurrozi Zawawi. Pada kesempatan itu diulas kekhasan bulan suci Ramadhan yang tidak ditemukan di 11 bulan yang lain. Yaitu adanya kewajiban puasa, disunnahkan (dianjurkan) melaksanakan shaat tarawih, diturunkan kitab suci Al-Quran, adanya lailatul qadar dan adanya kewajiban zakat fitrah.

Ditambahkan Ustadz Fikraman, pada buka puasa kali ini pengurus takmir menyediakan sembako murah bekerja sama dengan Bulog. “Harganya di bawah harga di pasaran. Sebagai bentuk perhatian pengurus takmir kepada jamaah masjid yang sedang menunaikan puasa. Syaratnya harus ikut kajian,” ujarnya. (dm)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)