Sambut Ramadhan, Umat Islam Waingapu Pawai Keliling Kota


SAMSUMBA.com - Masyarakat tumpah ruah di jalanan Kota Waingapu, Selasa (21/3/2023). Mereka sangat antusias menyaksikan pawai Ramadhan tahun 1444 H yang diikuti oleh santriwan dan santriwati dari berbagai Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Taman Pendidikan Alquran (TPA) di Kota Waingapu dan sekitarnya.

Pawai dimulai sekitar pukul 15.40 WITA usai melaksanakan shalat Ashar. Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumba Timur yang diwakili oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Waingapu, M. Nur Kasim, SH. melepas kontingen pawai. Bergerak dari Masjid Agung Al-Jihad Waingapu dan berakhir di Masjid At-Taqwa Kamalaputi.

Pawai menyambut Ramadhan kali ini diprakarsai oleh para ustadz dan ustadzah dari MI Insan Robbani, sebuah sekolah Islam di bawah naungan Yayasan Bina Sumba Robbani yang terletak di daerah Padadita Kelurahan Prailiu Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur.

Banyak pihak memberikan dukungan sehingga pawai bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Antara lain Pengurus Takmir Masjid Agung Al-Jihad, Masjid At-Taqwa, Kepolisian Resor (Polres) Sumba Timur, Bimas Islam Kemenag Sumba Timur, serta dukungan para remaja Masjid seperti remaja Masjid Agung Al-Jihad, remaja Masjid Al-Muhajirin Pakamburung dan remaja Masjid An-Nur Kampung Bugis. Juga dukungan dari seluruh ustadz dan ustadzah yang mengelola Madrasah dan TPA se-Kecamatan Waingapu dan sekitarnya.

Madrasah dan TPA yang turut memeriahkan pawai menyambut Ramadhan 1444 H ini di antaranya adalah MI Insan Robbani, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Sumba Timur, MIN 3 Sumba Timur, Madrasah Ibtidaiyah Swasta Waingapu, TPA Raudlatul Jannah Waingapu, TPA Raudlatul Jannah Pakamburung, TPA Madani Palahau, TPA Babussalaam Hambala, TPA Al-Haramain Woka, TPA Al-Hidayah Kampung Baru Tanjung, TPA Al-Ma’ruf Kampung Got, TPA Nurul Iman Km. 2, TPA Ibadurrahman Manubara dan TPA Al-Ikhlas Kampung Bugis.

Pantauan Samsumba.com, para peserta pawai tampak semangat dan antusias melantunkan shalawat, lagu religi serta berbagai yel-yel Islami sepanjang rute pawai.


Ustadz Muchdar Rafiq Hud Assegaf, S.Pd.I selaku Kepala MI Insan Robbani sekaligus Ketua Panitia, mengatakan bahwa tujuan pawai Ramadhan 1444 H ini, selain sebagai media dakwah dan syiar Islam terutama untuk menyambut bulan suci Ramadhan di Bumi Marapu, juga bertujuan untuk memperkuat tali ukhuwah sesama umat Islam se-Kecamatan Waingapu dan sekitarnya. (aqa)
“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)