Ratusan Umat Islam Sumba Timur Tumpah Ruah Mengecor Masjid Kanatang

 

SAMSUMBA.com – Ahad (12/3/2023), ratusan umat Islam di Kabupaten Sumba Timur tumpah ruah di Masjid Kanatang untuk melakukan pengecoran atap dan tempat kubah. Mereka ingin mengambil bagian dalam pembangunan rumah ibadah atau menjadi pelaku sejarah pergerakan Islam di Bumi Marapu.

Pantauan Samsumba.com, sejak pukul 07.00 WITA umat Islam baik laki-laki maupun perempuan berbondong-bondong datang di lokasi. Yang laki-laki langsung mempersiapkan diri ikut rangkaian pengecoran, sedangkan yang perempuan menuju dapur umum untuk mempersiapkan makanan dan minuman bagi mereka yang bekerja. Tidak sedikit yang datang juga membawa makanan dan minuman dari rumah.

Menurut Haris Setiawan, salah seorang panitia pembangunan, pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan kepada jamaah masjid, paguyuban dan lembaga di Kecamatan Waingapu dan sekitarnya.

Beberapa orang mengoperasikan mesin molen cor. Beberapa orang menyuplai air, batu, pasir dan semen untuk membuat adonan cor. Kebanyakan berdiri berjajar dari bawah sampai lantai atap sambung-menyambung membawa adonan cor secara estafet.

“Terima kasih buat para jamaah yang sudah bekerja sampai selesai. Semoga lelahnya diganjar pahala surga,” kata Haris.

Sekitar pukul 19.30 WITA pengecoran baru selesai. Umat Islam di Sumba Timur telah menunjukkan kekompakan dan kebersamaan demi berkumandangnya nama Allah di Pulau Sumba.

“Insyaallah, masjid ini dapat digunakan untuk kegiatan Ramadhan pekan depan,” harapnya. (dm)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)