Malam Nisfu Sya’ban, Jamaah Masjid Al-Nur Kampung Bugis Waingapu Pun Baca Surat Yasin

 

SAMSUMBA.com - Sebagaimana dilakukan jamaah masjid-masjid lain di Pulau Sumba, jamaah Masjid An-Nur Kampung Bugis Waingapu pun membaca Surat Yasin pada malam Nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban), Selasa (7/3/2023) malam.

Menurut salah seorang imam Masjid An-Nur, Tuan Guru Achmad Abdurahman, S.Ag., sudah menjadi tradisi di Pulau Sumba bahwa tiap malam Nisfu Sya’ban diadakan pembacaan Surat Yasin 3 kali dilanjutkan dengan doa dan dzikir.

“Di Sumba datangnya malam Nisfu Sya’ban disambut dengan ibadah-ibadah sunnah, seperti baca Surat Yasin, doa bersama dan dzikir,” terangnya.

Ditambahkannya, pada malam Nisfu Sya’ban itu Allah SWT membuka ampunan bagi seluruh hamba-Nya maka Rasulullah SAW menganjurkan untuk mengisi malam Nisfu Sya’ban dengan banyak amalan kebaikan. Di antaranya dzikir, membaca Al-Quran, saling memaafkan, beristighfar, berdoa dan lain sebagainya.

“Malam Nisfu Sya’ban juga dalam rangka mempersiapkan diri kita betul-betul siap menghadapi bulan Ramadhan dengan optimal,” katanya. (mf)

“Aku tidak bermaksud kecuali melakukan perbaikan yang membawa kebaikan bagi semua orang sesuai kesanggupan dan kemampuanku. Dan yang memberi pertolongan untuk mencapai tujuan itu hanyalah Allah” (Al-Quran, Surat Hud Ayat 88)